Grow your skill banner Grow your skill banner
Pentingnya Social Media Marketing Bagi Industri Makanan & Minuman

Pentingnya Social Media Marketing Bagi Industri Makanan & Minuman

product article

Pandemi virus Corona telah mendorong para pemain industri makanan dan minuman (F&B) untuk terus beradaptasi dan berinovasi agar dapat bertahan dalam kondisi ekonomi yang terpuruk. Dengan adanya perbatasan mobilitas, muncullah tren yang meningkat dalam jumlah pemilik usaha F&B yang mengubah strategi pemasarannya menjadi layanan yang lebih berbasis online dengan memanfaatkan media sosial untuk memperluas jangkauan mereka. Ini dikarenakan, menggunakan media sosial sebagai media promosi yang efektif dan efisien dapat mempercepat pertumbuhan bisnis.Data dari Facebook terkait “Digital Commerce for Restaurants” menunjukkan bahwa ada tiga tahapan dalam pembelian makanan dan minuman oleh customer: discovery, purchase, dan loyalty. Pada tahap discovery, kita mendorong awareness terkait seleksi menu unik yang ditawarkan, serta mempromosikan bagaimana customer dapat melakukan pembelian. Dari situ, pada tahap purchase, customer diarahkan untuk membeli makanan, dengan harapan bahwa sekian persen akan tetap loyal terhadap brand kita dengan menawarkan personalized value.

Mari kita lihat beberapa fakta dan tips untuk memperkuat strategi pemasaran digital Anda:

  • Ketahuilah bahwa pelanggan cenderung menghargai makanan & minuman dengan nilai tambah tertentu (bukan sekedar untuk menghilangkan rasa lapar). Oleh karena itu, selain mengajak konsumen untuk membeli produk, kita juga harus mengkomunikasikan nilai tambah produk kita untuk meningkatkan kepercayaan konsumen.
  • Konsistensi dalam meng-upload konten dengan berbagai macam topik juga penting. Unggahan yang konsisten dapat membantu memperluas jangkauan media sosial. Gunakanlah desain yang menarik, disertai informasi unik yang merepresentasikan brand kita.
  • Manfaatkanlah layanan ads di media sosial apapun. Menggunakan ads dapat membantu kita dalam menargetkan calon pelanggan, sekaligus memperluas jangkauan iklan kita.
  • Testimony is everything! Ulasan dari food blogger atau konsumen lainnya dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan rasa kepercayaan customer. Setiap customer perlu diyakinkan sebelum memutuskan untuk membeli produk makanan atau minuman secara online di media sosial. 

     

FOLLOW US: