Grow your skill banner Grow your skill banner
A Fresh Look at Fresh Inventory Management

A Fresh Look at Fresh Inventory Management

product article

Bagi setiap pengusaha F&B, memilih cara penyimpanan makanan yang benar menjadi penting untuk meminimalisi limbah makanan dan memastikan bahwa makanan tetap awet. Di antara jenis-jenis makanan yang kita simpan di inventory kita, fresh food merupakan salah satu yang membutuhkan penanganan yang khusus. Dengan menempatkan makanan pada suhu yang tepat dan memilah makanan untuk mencegah kontaminasi silang, kita dapat membantu melindungi kualitas fresh food restoran.

Mari kita lihat beberapa tips untuk memastikan bahwa cara Anda dapat secara efektif menyimpan fresh food untuk restoran:

  • Ikuti peraturan “First in, first out”.

Rotasi stok adalah perlindungan pertama restoran terhadap makanan fresh food dengan memastikan bahwa makanan baru ditempatkan di belakang makanan yang telah lebih lama berada di inventory Anda.

  • Berikan label pada makanan.

Dengan memberi label seperti “digunakan hingga <tanggal>” lalu menyimpankannya di tempat yang sesuai, Anda menyampaikan pada seluruh staff di dapur makanan apa yang perlu digunakan terlebih dahulu. Melakukan hal ini memastikan bahwa Anda mengikuti prosedur keamanan makanan dan makanan yang disajikan tetap segar.

  • Tempatkan makanan dalam wadah kedap udara.

Menyimpan makanan pada wadah kedap udara dapat mencegah makanan dari membusuk dan meningkatkan umur simpan makanan.

  • Simpan daging di bagian bawah lemari es.

Hal ini mencegah adanya kontaminasi dari cairan daging yang menetes ke makanan lainnya. Bahkan, wadah kedap udara dengan daging di dalamnya perlu juga dilindungi dari kontaminasi silang.

  • Simpan makanan dalam suhu yang tepat.

Suhu lemari es setidaknya 4°C atau di bawah itu, dan suhu freezer harus -18°C

FOLLOW US:
One trust Button